OUTLINE MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK
Matakuliah : Psikolinguistik
Bobot : 3 SKS
Program : Strata Satu (SI)
Program Studi : Pendidikan
Bahasa Sastra Indonesia
Jumlah pertemuan : 14 kali
1. Deskripsi Matakuliah
Psikolinguistik merupakan sebuah kajian
baru yang dimana muncul pertama kali pada tahun 1954 dan merupakan gagasan dari
George Miller dan Charles Osgood yang di jabarkan oleh Sundusiah dalam
artikelnya “Sejarah Perkembangan
Psikolinguitsik”. Psikolinguistik adalah gabungan dari dua bidang ilmu
yakni Psikologi dan Linguistik. Psikologi adalah sebuah bidang ilmu yang
berfokus pada jiwa, pikiran, atau emosional manusia, sedangkan Linguistik
adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa manusia. Munculnya sebuah ketertarikan
untuk melihat hubungan antara jiwa, emosional, pikiran manusia dengan
mempelajari bahasa menyebabkan terbentuknya disiplin ilmu baru yang sekarang
disebut Psikolinguistik. Adapun objek dari bidang ilmu ini adalah peroses
mempelajari bahasa yang dapat tercermin dari gejala jiwa manusia.
Dari
gagasan alternatif penyatuan baik langsung maupun tidak langsung, kami
berkesimpulan bahwa dua disiplin ilmu tadi akan sangat menarik bila disatukan
di dalam wadah lain yang dalam hal ini adalah pembelajaran bahasa.
2. Kompetensi
Mahasiswa mampu memperluas wawasan
sendiri, mengapresiasi PBSI, kemudian berani mengkritisi dan memberikan gagasan
alternatif dalam berbagai segi PBSI.
3. StrategiPembelajaran
- Diskusi
4. Evaluasi
a. Kehadiran(20%)
b. Penyusunan Makalah/ Revisi Makalah
(20 %)
c. Kualitas presentasi dan timbale
balik lisan yang diberikan kepadas sesama mahasiswa terkait dengan ide
tulisannya (25%)
d. UAS (35 %)
2. DaftarPustaka
1.
Abdul Chaer, 2003, Psikolinguistik, Kajian
Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta
2.
Brown, D. H. 2000, Principles
of Language Learning and Teaching,San Francisco :
State University .
3.
Brown, D. H. 2001, Teaching
by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy, San Francisco: State University .
4.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2008, Psikolinguistik,Jakarta : OborIndonesia .
5.
Hill, W. F. 2009, Theories
of Learningterj,Bandung: Nusamedia.
6. Jalaluddin, Rakhmat, 2002, Psikologi
Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
7.
Mc.Donough,Steven,
Psychology in Foreign Language Teaching, (London: George Allen & UNWIN,
1981)
8.
Nababan, P.W.J. 1984.Sosiolinguistik,Jakarta : PT Gramedia.
9.
Richards, C. Jack, Theodore
S. Rodgers. 1993, Approaches and Methods in Language Teaching,Cambridge : University press.
10. Rivers,Wilga M, The Psychologist and the foreign Language Teacher,
(Chicago:TheUnivercity of Chicago Press, 1964)
11.
Sumarsono. 2007, Sosiolinguistik,
Yogyakarta : SABDA.
TIME LINE
(JADWAL KULIAH)
No
|
Tanggal
|
Topik-topikPerkuliahan
|
Keterangan
|
1
|
|
Perkenalan, Kontrak belajar, dan Orientasi
|
Dosen
|
2
|
|
a.
Cabang-cabang Psikolinguistik
b.
PerkembangandanTokoh-tokohPsikolinguistik
|
Dosen
|
3
|
|
BAHASA MANUSIA: HAKIKAT,
CIRI, DAN PROSES
|
Mhs
|
4
|
|
|
Mhs
|
5
|
|
|
Mhs
|
6
|
|
a. Strategi kemampuanan bahasa kedua
b. Komponen pembelajaran bahasa
c. Manfaat Psikolinguistik dalam
pembelajaran
d. Keterampilan berbahasa
|
Mhs
|
7
|
|
Anak-anak dengan Kelainan Bicara dan Bahasa
a.
Definisi kelainan bicara dan bahasa
b.
Penyebab terjadinya kelainan bicara
dan bahasa
c.
Karakteristik anak dengan kelainan
bicara dan bahasa
d.
Pembelajaran bagi anak
berkebutuhan khusus
|
Mhs
|
Kaplongan, 20 Oktober 2015
Dosen
(Juju Romlah, M.Pd.I)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar