Kamis, 29 Oktober 2015

OUTLINE MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK

 OUTLINE MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK

Matakuliah                : Psikolinguistik
Bobot                          : 3 SKS
Program                     : Strata Satu (SI)
Program Studi           : Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia
Jumlah pertemuan    : 14 kali

1. Deskripsi Matakuliah
        Psikolinguistik merupakan sebuah kajian baru yang dimana muncul pertama kali pada tahun 1954 dan merupakan gagasan dari George Miller dan Charles Osgood yang di jabarkan oleh Sundusiah dalam artikelnya “Sejarah Perkembangan Psikolinguitsik”. Psikolinguistik adalah gabungan dari dua bidang ilmu yakni Psikologi dan Linguistik. Psikologi adalah sebuah bidang ilmu yang berfokus pada jiwa, pikiran, atau emosional manusia, sedangkan Linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa manusia. Munculnya sebuah ketertarikan untuk melihat hubungan antara jiwa, emosional, pikiran manusia dengan mempelajari bahasa menyebabkan terbentuknya disiplin ilmu baru yang sekarang disebut Psikolinguistik. Adapun objek dari bidang ilmu ini adalah peroses mempelajari bahasa yang dapat tercermin dari gejala jiwa manusia.
Dari gagasan alternatif penyatuan baik langsung maupun tidak langsung, kami berkesimpulan bahwa dua disiplin ilmu tadi akan sangat menarik bila disatukan di dalam wadah lain yang dalam hal ini adalah pembelajaran bahasa.
2. Kompetensi
        Mahasiswa mampu memperluas wawasan sendiri, mengapresiasi PBSI, kemudian berani mengkritisi dan memberikan gagasan alternatif dalam berbagai segi PBSI.



3. StrategiPembelajaran
  1. Diskusi
4. Evaluasi
a.       Kehadiran(20%)
b.      Penyusunan Makalah/ Revisi Makalah (20 %)
c.       Kualitas presentasi dan timbale balik lisan yang diberikan kepadas sesama mahasiswa terkait dengan ide tulisannya (25%)
d.      UAS  (35 %)
2.    DaftarPustaka
1.      Abdul Chaer, 2003, Psikolinguistik, Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta
2.      Brown, D. H. 2000, Principles of Language Learning and Teaching,San Francisco: StateUniversity
3.      Brown, D. H. 2001, Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy, San Francisco: StateUniversity.
4.      Dardjowidjojo, Soenjono. 2008, Psikolinguistik,Jakarta: OborIndonesia.
5.      Hill, W. F. 2009, Theories of  Learningterj,Bandung: Nusamedia.
6.      Jalaluddin, Rakhmat, 2002, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
7.      Mc.Donough,Steven, Psychology in Foreign Language Teaching, (London: George Allen & UNWIN, 1981)
8.      Nababan, P.W.J. 1984.Sosiolinguistik,Jakarta: PT Gramedia.
9.      Richards, C. Jack, Theodore S. Rodgers. 1993, Approaches and Methods in Language          Teaching,Cambridge: University press.
10.  Rivers,Wilga M, The Psychologist and the foreign Language Teacher, (Chicago:TheUnivercity of Chicago Press, 1964)

11.  Sumarsono. 2007, Sosiolinguistik, Yogyakarta: SABDA.






TIME LINE
(JADWAL KULIAH)

No
Tanggal
Topik-topikPerkuliahan
Keterangan
1

Perkenalan, Kontrak belajar, dan Orientasi
Dosen
2

a.       Cabang-cabang Psikolinguistik
b.      PerkembangandanTokoh-tokohPsikolinguistik
Dosen
3

BAHASA MANUSIA: HAKIKAT, CIRI, DAN PROSES
  1. Hakikat Bahasa Manusia
  2. Ciri-ciri Bahasa Manusia
Mhs
4

  1. Hakekat pemerolehan bahasa
  2. Kemampuanan bahasa pertama

Mhs
5

  1. Pengertian dan proses kemampuan bahasa kedua
  2. faktorfaktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
  3. teori kemampuan bahasa kedua
Mhs
6

a.       Strategi kemampuanan bahasa kedua
b.      Komponen pembelajaran bahasa
c.       Manfaat Psikolinguistik dalam pembelajaran
d.      Keterampilan berbahasa
Mhs
7

Anak-anak dengan Kelainan Bicara dan  Bahasa
a.       Definisi kelainan bicara dan bahasa
b.      Penyebab terjadinya kelainan bicara dan bahasa
c.       Karakteristik anak dengan kelainan bicara dan bahasa
d.      Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus
Mhs

Kaplongan, 20 Oktober  2015

Dosen


(Juju Romlah, M.Pd.I)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar